Perpustakaan dalam perannya di dunia pendidikan mempunyai fungsi yaitu sebagai Pusat kegiatan belajar-mengajar untuk pendidikan seperti tercantum dalam kurikulum akademik, Pusat Penelitian sederhana yang memungkinkan para mahasiswa mengembangkan kreativitas dan imajinasinya, pusat membaca buku-buku yang bersifat rekreatif dan mengisi waktu luang (buku-buku hiburan) dan Pusat Belajar Mandiri bagi mahasiswa. Dari beberapa fungsi tersebut maka dapat dilihat bahwa sudah semestinya perpustakaan menjadi bagian integral dari sistem pembelajaran, bukan lagi menjadi kelengkapan saja bagi keberadaan sebuah sekolah. Guna menunjang proses belajar mengajar mahasiswa Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Magelang, Perpustakaan merupakan salah satu instalasi yang sangat dibutuhkan mahasiswa oleh karena itu perpustakaan difasilitasi dengan ruangan yang sejuk dan nyaman serta pengguna dapat mencari buku dengan fasilitas komputerisasi juga tenaga pengelola yang yang siap membantu dalam pencarian buku, perpustakaan juga dilengkapi dengan jaringan internet,  perpustakaan STPP Magelang memiliki 14.500 buku dan ada sekitar 2.300 judul buku. Dengan jumlah buku tersebut diharapkan mahasiswa maupun dosen pengejar dapat menggunakan buku-buku tersebut semaksimal mungkin.

PROSEDUR PEMINJAMAN BUKU DI PERPUSTAKAAN STPP MAGELANG

Untuk lebih mengoptimalkan tingkat pelayanan Instalasi Perpustakaan serta memperlancar dan menertibkan administrasi peminjaman buku kepada seluruh Pegawai/ Karyawan lingkup STPP Magelang bagi yang berminat menjadi Anggota Perpustakaan, dengan ini kami beritahukan beberapa perubahan prosedur & mekanisme peminjaman dan pengembalian buku mulai tahun 2012. Sedangkan bagi Mahasiswa, peraturan yang telah berjalan tidak mengalami perubahan.

Sebagai informasi, disampaikan tata tertib peminjaman buku sebagai berikut :

  1. Setiap Pegawai/ Karyawan yang berminat menjadi anggota/meminjam buku wajib memiliki Kartu Anggota Perpustakaan yang hanya dapat dipergunakan oleh pemilik.
  2. Kartu Anggota Perpustakaan disimpan pada Petugas Perpustakaan dan digunakan pada waktu pinjam, perpanjangan, dan pengembalian buku.
  1. Buku yang dipinjam maksimum 3 (tiga) eksemplar.
  2. Batas pinjam maksimum 1 (satu) minggu, dengan satu kali perpanjangan selama 1 (satu) minggu bila diperlukan.
  3. Dalam tenggang waktu peminjaman, bila buku yang dipinjam belum dikembalikan maka kepada yang bersangkutan tidak diperbolehkan meminjam buku lainnya.
  4. Waktu Pelayanan, hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis pkl. 09.00 s.d  pkl 12.00 dilanjutkan pkl. 13.30 s.d. pkl 16.00 wib, dan  hari Jumat pkl. 08.30 s.d. 10.30 dilanjutkan pkl. 13.30 s.d. pkl. 16.00 wib.
  5. Untuk buku kategori referensi termasuk laporan dan proposal PKL & KIPA beserta CDnya tidak boleh dipinjam, hanya bisa dibaca ditempat/ Ruang Perpustakaan.
  6. Untuk keterangan lebih lanjut bisa berhubungan langsung dengan Petugas Perpustakaan.

Demikian disampaikan, untuk dilaksanakan dan diindahkan. Atas perhatian dan kerjasamanya disampaikan terimakasih.

Leave a Reply
Your email address will not be published.

You must be logged in to post a comment .