1. STP 213 Pendidikan Pancasila  ( 2 – 0 )
    Pemahaman Pancasila sebagai Nilai Dasar dan Dasar Negara, Sistem Ketatanegaraan Republik Indonesia dengan kajian histories, yuridis dan filosofis serta memahami kajian Pancasila sebagai paradigma dan aktualisasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
  2. STP 314  Pendidikan Kewarganegaraan  ( 2 – 0 )
    Mempelajari, memahami dan menghayati pengetahuan dan kemampuan dasar warganegara dalam hubungannya dengan negara, termasuk hak dan kewajiban bela negara.
  3. STP 111 Pendidikan Agama  ( 1 – 1 )
    Pemahaman dan pengamalan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berpikir filosofis, bersikap rasional dan dinamis, berpandangan luas, ikut serta dalam kerjasama antar umat beragama dalam rangka pengembangan dan pemanfaatan Ilmu dan Teknologi serta seni untuk kepentingan manusia.
  4. STP 223  Bahasa Inggris Pertanian  ( 1 – 1 )
    Pemahaman Phonetic symbols; tenses; grammar/structure; translation; reading comprehension; conversation; bahasa inggris dalam komunikasi dengan kata/istilah umum/peternakan/pertanian tenses structure dan buku teks ilmiah. Diikuti dengan latihan memahami bacaan secara intensif dengan kosa kata yang benar.
  5. STP 112 Bahasa Indonesia  ( 1 – 1 )
    Pemahaman fungsi bahasa, dialek, idealek, bahasa resmi, fonemik, morfologi, morfem dasar dan terikat, alomorf; intonasi, kata ulang dan kata majemuk, frase dan klausa; ejaan; sisteksis, kalimat baku dan tidak baku, fungsi gramatikal, kalimat minor, kalimat mayor, kalimat inti; kalimat efektif, struktur dan variasi. Penerapan dasar-dasar penyusunan karya tulis.
  6. STP 121 Matematika Terapan  ( 1 – 1 )
    Pemahaman model-model perhitungan dengan memanfaatkan kaidah-kaidah matematika  untuk diterapkan dalam memberikan penilaian pada kelayakan usaha dan pengelolaan penyuluhan pertanian serta prediksi perkembangan yang akan datang berkaitan dengan perkembangan wilayah khususnya bidang peternakan.
  7. STP 224 Statistika Terapan  ( 1 – 2 )
    Pemahaman dan penggunaan statistik dalam pengumpulan data, pengolahan, penyajian dan analisa data serta regresi dan korelasinya yang berkaitan dengan bidang peternakan / penyuluhan peternakan
  8. STP 122 Aplikasi Komputer  ( 0 – 2 )
    Memberikan pengetahuan dan ketrampilan komputer yang meliputi; pengenalan komputer; pengoperasian dan perawatan; pengoperasian Word 2000; Excel 2000; desain presentase dan grafis power point 2000; pengenalan internet dan teknik  chating, email dan browse
  9. STP 242  Dasar-Dasar Penyuluhan Pertanian  ( 1 – 2 )
    Pemahaman filosofi dan kaidah-kaidah, pengertian, tujuan, sejarah dan perkembangan, teori-teori penyuluhan pertanian; serta pengelolaan penyuluhan yang melandasi pemilihan dan penerapan metodologi dan proses penyuluhan peternakan.
  10. STP 232 Psikologi Sosial   ( 1 – 1 )
    Pemahaman pengertian dan ruang lingkup, teori-teori psikologi sosial, manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial. Penerapan hubungan manusia dengan lingkungan; interaksi sosial, relasi sosial dan hubungan sosial; kelompok sosial; konsep, proses terjadinya kelompok dan tipe kelompok; sikap identifikasi, pembentukan, perubahan dan skala hidup.
  11. STP 233 Pendidikan Orang Dewasa   ( 1 – 2 )
    Pemahaman kaidah-kaidah pendidikan orang dewasa dan kemampuan dalam menerapkan pada kegiatan penyuluhan.Mengerti institusi dan program pendidikan orang dewasa serta latar belakang sosiologis orang dewasa.
  12. STP 141 Komunikasi Pembangunan  ( 1 – 2 )
    Pemahaman dasar-dasar komunikasi dan komunikasi pembangunan serta penerapannya termasuk metode dan teknik komunikasi, penggunaan media cetak dan elektronik.
  13. STP 334 Pembangunan Masyarakat Desa  ( 1 – 1 )
    Pemahaman dan penggalian permasalahan yang ada di masyarakat pedesaan mengenali perubahan struktur, serta faktor-faktor penghambat dan pendukung Pembangunan Masyarakat Desa dalam perencanaan pembangunan dan peran lembaga masyarakat desa.
  14. STP 351 Dasar-Dasar Manajemen  ( 1 – 1 )
    Pemahaman definisi, konsep dan ruang lingkup manajemen; fungsi unsur dan prinsip manajemen; organisasi dan staffing, bentuk , ciri dan prinsip organisasi rekrutmen; peranan dan persyaratan kepemimpinan; kepemimpinan situasional; pengambilan keputusan dan macam-macam manajemen.
  15. STP 336 Pembangunan Pertanian   ( 1 – 1 )
    Pengajaran dititik beratkan aspek peternakan seperti pada pemahaman  kebijaksanaan pembangunan peternakan, pertumbuhan ekonomi  dan transformasi structural serta strategi modernisasi peternakan dalam menyikapi kegiatan pembangunan peternakan.
  16. STP 554 Ekonomi Peternakan  ( 1 – 1 )
    Pengajaran dititik beratkan aspek peternakan seperti pada pemahaman  tentang arti dan ruang lingkup ekonomi peternakan, ciri-ciri peternakan, faktor-faktor produksi peternakan, peranan sumberdaya peternakan, konsumsi dan produksi peternakan, permintaan dan penawaran elastisitas, pembangunan dan modernisasi peternakan serta penerapan dalam bidang penyuluhan peternakan.
  17. NAK 656 Ekonomi Produksi Pertanian  ( 1 – 1 )
    Pengajaran dititkberatkan  aspek peternakan seperti pada pemahaman fungsi produksi, fungsi konsumsi, fungsi biaya, menentukan hubungan input – output, dan  program linier sebagai alat pengambil keputusan dalam kegiatan usaha/produksi.
  18. STP 352 Dasar-Dasar Agribisnis  ( 1 – 1 )
    Pemahaman konsep agribisnis; pentingnya agribisnis; kebijakan perundangan pemerintah (agribisnis) penerapan sub sistem dan peluang usaha; analisis usaha agroekosistem analisis SWOT.
  19. NAK 162 Lingkungan Ternak  ( 1 – 1 )
    Pemahaman tentang ekosistem lingkungan, agroklimat dan daya adaptasi ternak terhadap lingkungan yang dapat berpengaruh terhadap produksi dan reproduksi serta analisa dampak lingkungan (amdal); ekosostem dan lingkungan ternak;perubahan klimat dan dampak terhadap produksi, reproduksi, kejadian penyakit, dan ketahanan ternak, AMDAL-ANDAL-PIL dan PEL.
  20. NAK 163  Anatomi dan Fisiologi Ternak  ( 1 – 2 )
    Pemahaman tentang pengertian, bentuk dan struktur (anatomi) ternak serta fungsi tubuh secara lengkap dan fungsi bagian-bagian tubuh ternak (fisiologi) contoh sistim organ, jaringan, sel dan komponen sel, alat pencernaan, metabolisme makanan, alat dan fungsi reproduksi, susunan syaraf, peredaran darah, pernafasan, hormonal .
  21. NAK 161 Sistem Peternakan   ( 1 – 1 )
    Mempelajari dan memahami arti dan manfaat ternak bagi masyarakat, hubungan sub sektor peternakan dengan lingkungan, peranan peternakan dalam pembangunan dan ekonomi nasional, perkembangan peternakan di Indonesia dan kebijakan pemerintah dalam pembangunan sub suktor peternakan.
  22. NAK 264 Nutrisi dan Makanan Ternak   ( 1 – 2 )
    Pemahaman tentang pengertian nutrisi, pakan ternak dan klasifikasi pakan; pencernaan dan metabolisme;sumber pakan penailaian pakan dan kualitas pakan. Komposisi tubuh ternak, pakan dan fungsinya sebagai sumber zat makanan; kebutuhan zat-zat nutrisi dan penggunaannya; penyusunan ransum; pembuatan pelet dan crumble.
  23. NAK 574 Pemuliaan Ternak   ( 1 – 2 )
    Pemahaman dasar-dasar genetika dan kaidah-kaidah dalam seleksi dan persilangan ternak, serta penentuan plasma nuftah ternak dalam pengembangan ternak.
  24. STP 425 Teknik Penulisan Ilmiah  ( 1 – 1 )
    Pemahaman tentang tulisan ilmiah yang benar sesuai dengan prinsip penulisan 5W+1H, penyuntingan, catatan kaki, daftar pustaka dan teknik penulisan laporan, berita, artikel dan skenario.
  25. STP 444 Media Penyuluhan Pertanian  ( 1 – 2 )
    Pengertian dan jenis media penyuluhan, peran dan fungsi media penyuluhan, klasifikasi dan efektifitas media penyuluhan, teknik pembuatan, penggunaan dan pemeliharaan media penyuluhan.
  26. STP 343  Metode dan Teknik Penyuluhan Peternakan  ( 1 – 2 )
    Pengertian metode dan teknik penyuluhan, macam-macam metode penyuluhan, keunggulan, kelemahannya dan penerapannya (perorangan, kelompok dan massal), macam-macam teknik penyuluhan (kunjungan, pertemuan, simulasi, demonstrasi, pameran, lomba dan kampanye).
  27. STP 547 Program dan Evaluasi Penyuluhan Peternakan   ( 1 – 2 )
    Pengajaran dititkberatkan aspek peternakan seperti pada pemahaman konsep dasar evaluasi untuk melandasi pelaksanaan penilaian terhadap hasil dan dampak dari kegiatan penyuluhan sebagai penyuluh swakarsa.
  28. STP 445 Dinamika Kelompok  ( 1 – 1 )
    Memahami tujuan, prinsip dan tugas kelompok, pengembangan dinamika dan kemampuan kelompok untuk menumbuhkan kader penyuluh peternakan/ penyuluh swakarsa.
  29. STP 626 Metodologi Penelitian Sosial   ( 1 – 2 )
    Pemahaman prinsip-prinsip Metodologi Penelitian Sosial dalam mengidentifikasi masalah, memilih metode, cara penarikan sample, penyusunan proposal, melaksanakan penelitian dan  menyusun hasil penelitian.
  30. STP 648 Manajemen Pelatihan   ( 1 – 1 )
    Pemahaman konsep dasar pengelolaan pelatihan mulai dari perencanaan, pengorganisasian, monitoring, evaluasi dan pelaporan dalam tugas penyuluhan peternakan.
  31. STP 758 Koperasi dan Badan Usaha  ( 1 – 1 )
    Pemahaman tentang bentuk-bentuk badan usaha dan koperasi serta manajemen koperasi, asosiasi pengusaha bidang peternakan serta dapat menerapkan dalam kegiatan penyuluhan peternakan prinsip manajemen agribisnis bidang peternakan serta menerapkan dalam bidang penyuluhan peternakan.
  32. STP 453 Manajemen Agribisnis   (1 – 1)
    Menguasai dan menerapkan konsep agribisnis dari berbagai aspek produksi, pemasaran, keuangan dan sumberdaya manusia, menganalisa prinsip manajemen agribisnis bidang pertanian/peternakan serta menerapkan dalam bidang penyuluhan peternakan.
  33. STP 555 Tataniaga Peternakan  (1 – 1)
    Mengaplikasikan konsep, fungsi serta strategi pemasaran, perilaku konsumen, segmentasi pasar dan pengendaliannya. Mengidentifikasi perilaku konsumen, menentukan segmentasi pasar, mengaplikasikan konsep, fungsi dans trategi pemasaran, dan pengendalian pasar.
  34. STP 437 Manajemen Sumberdaya Manusia  (1 – 1)
    Pemahaman komponen, pengembangan, tujuan, sasaran, visi dan strategi peningkatan kualitas Sumberdaya Manusia
  35. STP 739 Perencanaan Pembangunan Wilayah Pedesaan  (1 – 1)
    Pemahaman dan penerapan pengertian, konsep, strategi dan perencanaan pembangunan wilayah pedesaan dalam merencanakan kegiatan penyuluhan.
  36. STP 391 Praktek Kerja Lapang I  (0 – 2)
    Praktek identifikasi potensi wilayah/agroekosistem serta merumuskan kebutuhan teknologi peternakan spesifikasi lokasi.Memahami seluruh aspek produksi dengan aktif terlibat dalam praktek produksi, menambah wawasan dan menimba pengalaman praktis.
  37. STP 592 Praktek Kerja Lapang II  (0 – 2)
    Peningkatan pengetahuan, pemantapan dan ketrampilan teknologi specifik hasil identifikasi PKL I melalui magang di perusahaan pertanian/peternakan, dan dilanjutkan dengan praktek penyusunan program dan rencana kerja penyuluhan pada PKL III
  38. STP 693 Praktek Kerja Lapang III  (0 – 2)
    Praktek penyuluhan pertanian dengan menggunakan teknik dan metode yang sesuai dengan program dan rencana kerja yang telah disusun pada PKL II
  39. NAK  828 Seminar   (0 – 1)
    Pemahaman metode seminar dalam upaya penyebarluasan informasi khususnya yang berkaitan dengan program-program pertanian/penyuluhan peternakan.
  40. STP 894 Tugas Akhir  (0 – 4)
    Menyusun karya ilmiah berdasarkan studi literatur atau penelitian sosial ekonomi dan bidang pertanian terapan yang sesuai dengan jurusan masing-masing sebagai tugas akhir dengan bimbingan dosen pembimbing.
  41. STP 749 Gizi dan Kesehatan Keluarga  (1 – 1)
    Mempelajari dan memahami kebutuhan dan kecukupan gizi, sistem panganekaragaman dan penyediaan pangan untuk kesejahteraan masyarakat; HDI dan kondisi gizi nasional; peranan produk ternak dalam memenuhi gizi masyarakat; analisa gizi; penganekaragaman pangan; problema pengembangan giizi asal ternak (telur,susu,dan daging) terhadap issue kesehatan masyarakat (kolesterol,alergi, dan penyakit zoonosis)
  42. NAK 779 Bioteknologi Peternakan  (1 – 2)
    Mempelajari dan memahami dasar-dasar bioteknologi dan aplikasinya dalam bidang peternakan (Nutrisi dan Makanan Ternak, Reproduksi Ternak, Pengolahan Hasil/Limbah Peternakan, Kesehatan Hewan dan Pemuliaan Ternak),aplikasi  bioteknologi pada pakan, reproduksi, penyakit, genetika, pemuliaan ternak, produksi obat, sera dan antibodi, pengembangan dan pemanfaatan bioteknologi-mikroba dalam pengembangan peternakan, aplikasi bioteknologi dalam pengembangan pangan.
  43. NAK 365 Reproduksi Ternak   (1 – 2)
    Pemahaman tentang peranan dan fungsi organ reproduksi ternak, hormon reproduksi, siklus reproduksi, fisiologi kebuntingan, efisiensi reproduksi dan penyakit reproduksi serta faktor penyebab infertilitas dan sterilitas.
  44. NAK 471  Inseminasi Buatan  (1 – 2)
    Pemahaman tentang tujuan dan fungsi inseminasi buatan dan kaidah-kaidah  dalam pemilihan pejantan, penggunaan alat-alat yang berhubungan dengan inseminasi buatan dan pelaksanaan pertolongan pertama pada kelahiran.
  45. NAK 678 Kesehatan Ternak  (1 – 2)
    Memberikan pengertian berbagai istilah dalam kesehatan ternak untuk menentukan diagnosa penyakit dan penanganan pertama secara klinis dan laboratories, pencegahan penyakit, pengiriman specimen,seksi (outopsi), serta dapat mengambil tindakan yang diperlukan dalam menghadapi kasus di lapangan.
  46. NAK 366 Teknologi Hijauan Makanan Ternak  (1 – 2)
    Pemahaman tentang jenis-jenis hijauan pakan, pengelolaan padang penggembalaan (perencanaan, pengolahan lahan, penanaman, perawatan, defolisasi, peremajaan dan menghitung kapasitas tampung) serta dapat melakukan pengawetan hijauan pakan dan pengolahan limbah pertanian untuk dapat menyediakan pakan hijauan secara kontinyu.
  47. NAK 472 Teknologi Produksi Ternak Unggas   (1 – 2)
    Penguasaan teknik budidaya ternak unggas yang menyangkut tatalaksana pemeliharaan dengan teknologi produksi yang efisien dan efektif serta penangganan hasil..
  48. NAK 473 Teknologi Produksi Aneka Ternak   (1 – 1)
    Penguasaan teknik budidaya aneka ternak yang menyangkut tatalaksana pemeliharaan (masa starter/grower, masa produksi) dengan teknologi produksi yang efisien dan efektif serta memasarkan hasil .
  49. NAK 576 Teknologi Produksi Ternak Potong Besar   (1 – 2)
    Mempelajari, memahami dan menguasai perkembangan ternak potong, menerapkan teknik-teknik produksi dan budidaya ternak potong dengan teknologi produksi yang tepat dan berwawasan lingkungan.
  50. NAK 677 Teknologi Produksi Ternak Potong Kecil   (1 – 1)
    Mempelajari, memahami dan menguasai perkembangan ternak potong, menerapkan teknik-teknik produksi dan budidaya ternak potong dengan teknologi produksi yang tepat dan berwawasan lingkungan.
  51. NAK 575 Teknologi Produksi Ternak Perah   ( 1 – 2 )
    Mempelajari, memahami dan menguasai perkembangan ternak perah, menerapkan teknik-teknik produksi dan budidaya ternak perah dengan teknologi produksi yang tepat dan berwawasan lingkungan.
  52. NAK 265 Bangunan dan Peralatan  ( 1 – 2 )
    Pemahaman berbagai bangunan dan peralatan ternak, persyaratan, pembuatan dan pemeliharaan bangunan dan peralatan, pembuatan mesin tetas serta pengoperasian peralatan usaha peternakan.
  53. NAK 681 Teknologi Pengolahan Hasil Ternak  ( 1 – 2 )
    Pemahaman struktur, komposisi hasil ternak yang menyebabkan kerusakan, dasar-dasar mengolah, mengawetkan, menyimpan, dan kemampuan untuk mengolah, mengawetkan,mengawetkan,menyimpan dan menciptakan / mengembangkan pengolahan hasil terna, struktur dan komposisi hasil ternak (daging-susu-telur-madu) dan faktor-faktor produksi yang mempengaruhi; penyebab dan jenis-jenis kerusakan; dasar-dasar teknologi pengolahan, pengawetan, dan penyimpanan; produk-produk olahan hasil ternak; masa kadaluarsa, uji organoleptik;packaging dan distribusi hasil.
  54. NAK 782 Teknologi Pengolahan Sisa Hasil Ternak  ( 1 – 2 )
    Pemahaman struktur komposisi dan kerusakannya serta kemampuan untuk mengolah, mengawetkan, menyimpan dan menciptakan / mengembangkan pengolahan sisa ternak; jenis -jenis sisa hasil ternak dan nilai tambahnya. Jenis-jenis limbah ternak; komposisi dan struktur, dasar-dasar penanganan limbah ternak; produk-produk olahan limbah ternak dan nilai tambahnya.
  55. STP 131 Sosiologi Pedesaan  ( 1 – 2 )
    Pemahaman perilaku dalam interaksi sosial dengan berpegang pada struktur dan budaya masyarakat desa dalam kehidupan bermasyarakat; jargon dan praxis serta paradigma sosiologi, perspektif sosiologi pedesaan;kebudayaan dan masyarakat, lembaga kemasyarakatan, kelompok sosial, status dan stratifikasi sosial, integrasi dan konflik, kekuasaan dan wewenang, proses sosial, perubahan sosial, birokrasi, pemimpin dan kepemimpinan, jender dan modernisasi.
  56. NAK 769 Peraturan Per Undang-Undangan Peternakan   ( 1 – 1 )
    Pemahaman peraturan perudang-undangan peternakan melalui undang-undang, peraturan pemerintah dan peraturan daerah untuk keamanan ternak dan manusia serta keseimbangan populasi ternak di dalam negeri, peraturan pembrantasan penyakit hewan menular, peraturan lalu lintas ternak dan jual beli ternak, peraturan tentang karantina, peraturan tentang pemotongan ternak (hewan), peraturan tentang perijinan.
  57. STP 759 Kewirausahaan   ( 1 – 2 )
    Memahami dan menerapkan prinsip-prinsip kewirausahaan dalam bidang/pertanian/perikanan dan menumbuhkan jiwa wirausaha dalam kegiatan penyuluhan peternakan.
  58. STP 436 Ekologi Manusia   ( 1 – 1 )
    Pemahaman tentang hubungan timbal balik antara manusia dan lingkungan dengan proses adopsi, interaksi, kompetisi dalam organisasi serta dinamika keseimbangan ekologi manusia.
  59. STP 638 Apresiasi Budaya   ( 1 – 1 )
    Pemahaman tentang struktur, interaksi sosial, dan budaya masyarakat setempat untuk mempermudah proses disfungsi teknologi dalam kegiatan  penyuluhan peternakan dan akidah-kaidah penilaian (apresiasi) budaya dalam melakukan komunikasi dengan masyarakat tani, menyusun dan mengevaluasi program penyuluhan petrernakan, serta dalam melaksanakan kegiatan penyuluhan peternakan.
  60. STP 546  Produksi Bahan Informasi dan Audio Visual  ( 1 – 1 )
    Mahasiswa mampu merencanakan, memilih, mendesain dan memproduksi berbagai media audiovisual untuk kegiatan penyuluhan peternakan.
  61. NAK 783 Pengawasan Mutu Hasil Ternak  ( 1 – 1 )
    Pemahaman resiko dan bahaya dalam produksi makanan asal ternak serta cara pengendalian dan pengawasan mutunya.
  62. NAK 784 Masalah Khusus Peternakan ( 0 – 3 )
    Pengembangan materi usaha tani dan agribisnis sesuai kebutuhan wilayah di masing-masing STPP
Leave a Reply
Your email address will not be published.
  • ( will not be published )