2Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Magelang melaksanakan kegiatan Musyawarah Besar (MUBES) pada hari Minggu/ 12 Maret 2017. Acara tersebut merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan satu tahun sekali yang jatuh pada bulan Februari hingga Maret. Acara ini bertujuan untuk melakukan evaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan oleh organisasi kemahasiswaan sekaligus melakukan rencana kegiatan kedepan yang berasal dari kesepakatan musyawarah anggota.

            Acara MUBES terdiri dari pembukaan, pelaporan pertanggungjawaban (LPJ), Pembahasan AD/ART, Somasi/ Saran dan Strategi Munas HIMAPPI. Pembukaan dilaksanakan mulai pukul 07.30 WIB dan dihadiri peserta, pengurus dan perwakilan civitas akademika. Kegiatan pembukaan MUBES BEM dan BPM STPP Magelang, dibuka oleh Wakil Ketua III STPP Magelang Bapak Teguh Susilo, S.Pt., M.Si., didampingi Ketua Jurusan Penyuluhan Peternakan Bapak Gatot Adiwinarto, S.Pt. M.Si. Dalam sambutannya Wakil Ketua III STPP Magelang menyampaikan apresiasi kinerja BEM dan BPM sebagai organisasi kemahasiswaan yang telah melakukan tugasnya dengan baik namun kedepan diharapkan lebih baik lagi mengingat tantangan akademisi bidang penyuluhan semakin komplek dan beragam. Lebih lanjut disampaikan bahwa mahasiswa dituntut untuk senantiasa aktif dalam mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang telah dipilihnya sehingga mahasiswa dapat memperoleh ilmu tambahan seperti minat dan bakat dari mahasiswa tersebut sebagai bekal di msa depan.  Selain itu Wakil Ketua III menyampaikan “Mahasiswa harus mempunyai niat yang kuat dan juga mental baja untuk mengikuti kegiatan UKM, karena sekarang semakin banyaknya pilihan jenis UKM yang ditawarkan kepada mahasiswa dan Institusi mendukung penuh dengan menyediakan penganggaran yang cukup dan meyediakan pendamping yang berkualitas, sehingga sayang apabila kesempatan ini tidak dimanfaatkan dengan baik”.

            Pada kesempatan ini pula dalam sambutannya Ketua Jurusan Penyuluhan Peternakan Bapak Gatot Adiwinarto, S.Pt. M.Si. menekankan agar mahasiswa senantiasa bersemangat dan berperan aktif di dalam kampus tanpa meningalkan tugas utama yakni belajar. Keberadaan kegiatan di STPP Magelang diharapkan dapat menambah wawasan dan ajang menempa diri menjadi lulusan yang profesional dan mandiri ditunjukkan dengan prestasi yang gemilang di berbagai enent kegiatan berskala daerah, nasional hingga internasional. Tema dan slogan pada Mubes BEM dan BPM saat ini yakni  “Perkuat Tekat dan Niat, untuk Membangun Pertanian dengan Tepat dan Semangat !!”

            Acara utama MUBES adalah laporan pertanggungjawaban oleh Presiden BEM dan Ketua BPM yang membahas tentang rancangan tata tertib MUBES dengan peserta yang terdiri dari Anggota, dan Ketua Komisi Sidang. Sidang dilanjutkan dengan laporan pertanggungjawaban oleh setiap divisi, mulai dari Divisi Umum, IT, Kemitraan, Marketing, Kegiatan dan PSDM masing-masing melaporkan hasil kerjanya selama satu periode kepengurusan.

            Agenda selanjutnya adalah membahas rancangan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART). Dalam sesi ini dibahas beberapa issu dan topik mengenai teknis perekrutan anggota, pembentukan struktural organisasi hingga pemilihan lambang serta arah pergerakan UKM. Hingga sore hari sidang berjalan lancar, dinamis, cukup khidmat. Acara diakhiri dengan penandatanganan presidium dan pembacaan hasil MUBES, sidang ditutup dengan ketukan palu tiga kali. BRAVO BEM DAN BPM !!!

(Penulis: Kusworo FB-UKM__Rumah_Inovasi/ Editor : Lutfan Makmun)

1

Leave a Reply
Your email address will not be published.
  • ( will not be published )