Dalam rangka kegiatan pembelajaran di luar ruang bagi para siswa  Sekolah Dasar Kristen Indonesia (YPKI) melakukan kunjungan belajar di Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Magelang. Adapun siswa yang terlibat dalam kegiatan tersebut berjumlah 97 orang yang terdiri atas siswa kelas 3 dan kelas 4 serta dengan guru pendamping sebanyak tujuh (7) orang. Kunjungan belajar yang dilaksanakan pada hari Kamis 23 November 2017 pukul 08.00 diterima oleh Bapak Mujiyono, S.ST selaku Pengelola Laboratorium Pengolah Pakan STPP Magelang.

Sebelum memulai kunjungan ke laboratorium yang ada STPP Magelang Bapak Mujiyono, S.ST mengucapkan selamat datang kepada adik-adik siswa sekolah dasar YPKI dan menyampaikan sekilas mengenai profil STPP Magelang serta peran STPP Magelang dalam Tri Dharma Perguruan tinggi.

Untuk mendapatkan pengetahuan di bidang peternakan, anak-anak Sekolah Dasar Kristen Indonesia (YPKI) Magelang kemudian diajak keliling kandang dan laboratorium yang meliputi Kandang Ternak Kecil dan Ternak Besar, dan Laboratorium Pengolah Pakan.

Di Lab. Ternak Kecil anak-anak diajarkan cara bagaimana membedakan kambing dan domba, perbedaan kambing dan domba adalah kalau kambing bulunya halus sedangkan domba bulunya tebal, kambing ekornya terangkat sedangkan domba ekornya tidak terangkat. Dan juga perawatan kambing yang baik serta anak-anak dipersilahkan memberikan makan rumput kepada kambing yang telah disediakan oleh petugas kandang. Di Lab. Ternak Besar anak-anak diperlihatkan tata laksana perawatan sapi, pemilihan sapi yang baik dan juga anak-anak dipersilahkan memberikan makan sapi, yang juga telah disediakan rumput oleh petugas kandang.

Di Lab. Pengolah Pakan anak-anak ditunjukkan bagaimana proses pembuatan konsentrat yang diperagakan oleh petugas kandang. Kunjungan belajar ini diakhiri pada pukul 11.00, dengan ucapan terima kasih dari guru pendamping kepada Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian (STPP) Magelang yang telah berkenan memberikan ruang dan waktu bagi anak-anak untuk melakukan kunjungan belajar di STPP Magelang. (Mujiyono)

Leave a Reply
Your email address will not be published.

You must be logged in to post a comment .