Karya inovasi mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta-Magelang kembali mengharumkan nama POLBANGTAN YOMA Jurusan Peternakan dengan meraih juara harapan I pada ajang Kretivitas dan Inovasi (KRENOVA) Daerah Kabupaten Magelang tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPEDALITBANGDA) Kabupaten Magelang. Ajang ini diikuti oleh puluhan tim yang terdiri dari siswa, mahasiswa, pengusaha dan masyarakat di Kabupaten Magelang. Kriteria penilaian lomba ini meliputi inovasi, penerapan atau aplikasi dimasyarakat, nilai manfaat serta penguasaan materi pada saat pemaparan. Kegiatan penganugrahan Krenova dilaksanakan selama 2 hari pada 18-19 Desember 2018 yang didukung kegiatan pameran oleh pemenang dan UKM. Penyerahan hadiah KRENOVA diberikan secara langsung oleh Bupati Magelang Zainal Arifin, S.IP didampingi pejabat SKPD terkait. Tim Ultravinic terdiri dari Agung Cahya Budy, Agung Kurniawan, Fabiana Mentari, Saiful Arni (alumni STPP Magelang) dan Nadya Citra yang dibimbing oleh Lutfan Makmun S.ST, M. P.

Ultravinic merupakan produk inovasi dengan tema Inovasi Teknologi Pertanian dengan basis penggabungan dua teknologi yaitu sinar ultraviolet (UV) dan gelombang ultrasonik menjadi alat disinfeksi produk – produk pertanian. Alat ini mampu membunuh bakteri dan merontokkan residu pestisida dalam produk pertanian. Bahkan, produk susu sesuai dengan hasil uji TPC di laboratorium Pusat Studi Pangan dan Gizi UGM, alat ini bekerja efektf mengurangi bakteri hingga 50% dengan merendam bahan atau produk pertanian selama 15 menit tanpa mengurangi kandungan gizi didalamnya.

Dalam sambutannya Bupati Magelang menyampaikan, “Pemerintah Kabupaten Magelang mengucapkan selamat dan mengapresiasi kepada para pemenang yang telah berupaya terus berinovasi sesuai selaras memasukinya era revolusi digital 4.0, yang berarti elemen masyarakat harus selalu siap berinovasi dan berkreasi menyesuaikan perkembangan teknologi. Lebih lanjut dikatakan jika tidak terus berinovasi, maka akan tergilas kemajuan zaman sehingga tidak akan dapat bersaing dengan SDM lainnya”.

Keberhasilan ini tentunya menambah semangat bagi mahasiswa POLBANGTAN YOMA karena telah mampu bersaing dengan semua kalangan baik siswa maupun pengusaha. “Semoga prestasi ini terus lestari, dan mampu di ikuti oleh teman-teman lainnya, dapat menjadi contoh generasi muda pertanian bahwa berkarya itu sangat penting menuju persaingan kedepan. Tim Ultravinic juga menyampaikan terimakasih kepda semua fihak yang telah mendoakan dan membantu, sehingga lolos hingga tahap final serta mendapatkan penghargaan,” ujar team Ultravinic.

Leave a Reply
Your email address will not be published.

You must be logged in to post a comment .