Dalam rangka meningkatkan wawasan bagi mahasiswa semeseter 5 Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Magelang, dilaksanakan kunjungan field trip ke Jawa Barat (selama field trip mahasiswa juga diberikan tugas oleh para dosen yang sudah harus dikumpulkan ketika selesai kegiatan field trip ini), diantara tujuannya yaitu

Balai Inseminasi Buatan (BIB) Lembang, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, Saung Angklung Mang Udjo, Wisata Domba Garut

Kegiatan filed trip diawali dengan kunjungan ke Balai Inseminasi Buatan (BIB) Lembang disana para mahasiswa dapat mengetahui secara langsung aktivitas-aktivitas yang ada di BIB, diantaranya proses penampungan sperma sapi pada vagina buatan/artificial vagina yang kemudian sperma yang telah ditampung diserahkan ke laboratorium untuk diperiksa lebih lanjut. Yang pemeriksaannya meliputi makrokospis, konsentrasi dll. Selain itupula mahasiswa juga diizinkan melihat-lihat semua kandang ternak yang ada di BIB.

Kemudian kunjungan mahasiswa dilanjutkan ke BBPP Lembang disana mahasiswa dapat melihat produk-produk yang telah dihasilkan BBPP Lembang, selain itu mahasiswa juga melihat-lihat proses packing sayuran dan buah-buahan higienis pada unit yang bernama Packing House.

Kunjungan ke Saung Angklung Mang Udjo adalah suatu tempat yang merupakan tempat pertunjukan, pusat kerajinan tangan dari bambu, dan workshopinstrumen musik dari bambu. Selain itu, SAU mempunyai tujuan sebagai laboratoirum kependidikan dan pusat belajar untuk memelihara kebudayaan Sunda dan khususnya angklung.

Pertunjukan diawali dengan demonstrasi wayang golek yang dimainkan oleh dalang. Wayang Golek sendiri merupakan salah satu benda seni khas Jawa Barat berupa boneka kayu. Pertunjukan ini hanya berdurasi 15-20 menit dan dimainkan dalam bahasa Sunda.

Setelah itu, panggung seni dilanjutkan dengan pertunjukan Tari Topeng yang berasal dari daerah Cirebon. Tari-tarian ini terdiri dari dua babak yang masing-masih mewakili kisah yang berbeda.

Pertunjukan paling menarik dan di tunggu-tunggu para pengunjung adalah pagelaran seni musik angklung ini. Berbagai jenis lagu mulai dari lagu daerah, lagu mancanegara, hingga lagu-lagu pop dan dangdut tanah air dimainkan dengan sangat apik di panggung ini. Keindahan alunan musik angklung yang dimainkan bersama-sama oleh para seniman angklung yang masih berusia anak-anak membuat panggung ini selalu ramai, bahkan tidak jarang wisatawan dari luar negeri pun juga ikut meramaikan.

Kunjungan Wisata Domba Garut  Terletak di Kampung Cimuncang, Desa Rancabango, Garut, De Wisdom mengusung konsep belajar sambil berwisata. Hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari pusat Kota Garut, Anda akan tiba dan langsung melihat domba-domba yang dipelihara dengan baik di kandang De Wisdom.

Selain sebagai sarana peternakan, De Wisdom juga menghasilkan domba bibit unggul. Domba-domba pejantan yang berkualitas baik akan diikutsertakan dalam ajang tradisi masyarakat Garut, yaitu ketangkasan domba.

Dalam programnya, De Wisdom selalu memilih induk yang berkualitas baik. Kualitas induk sangat penting dalam menghasilkan peranakan yang unggul. Pengelola De Wisdom bahkan mendatangkan domba-domba pemenang ajang ketangkasan demi mendapatkan peranakan domba yang berkualitas.(safa'at).

Leave a Reply
Your email address will not be published.

You must be logged in to post a comment .